Prosedur Aborsi Di Klinik Aborsi Jakarta

prosedur aborsi

 

Setelah seorang wanita sudah memutuskan untuk mengakhiri kehamilannya maka dia akan pergi mencari layanan aborsi atau klinik aborsi. Selanjutnya akan mencari informasi melalui google atau bertanya kepada keluarga dan teman yang sudah ada pengalaman aborsi tentang bagaimana prosedurnya untuk melakukan aborsi.

Disini akan kami jelaskan tentang prosedur aborsi di klinik aborsi jakarta jika anda sudah memutuskan untuk melakukan aborsi. Namun sebelumnya kami informasikan bahwa di klinik aborsi jakarta hanya dilakukan proses aborsi dengan cara vakum aspirasi (penyedotan/alat hisap).

 

Inilah tahapan prosedur aborsi yang akan anda lakukan di klinik aborsi jakarta :

1.Hubungi Klinik Aborsi Jakarta

Jika sudah memutuskan untuk melakukan aborsi maka yang pertama anda lakukan adalah ambil telepon atau handphone anda dan tekan nomor telepon klinik aborsi jakarta. Melalui telepon anda boleh bertanya atau konsultasi tentang apa saja yang terkait dengan kehamilan anda.

Termasuk:
– Alamat klinik aborsi jakarta
– Jadwal praktek
– Persiapan sebelum datang ke klinik aborsi
– Bagaiman menghitung umur kehamilan atau kandungan
– Biaya aborsi atau tarif kuret
– Kondisi setelah aborsi

 

2.Meja Pendaftaran

Setelah anda sampai di klinik aborsi jakarta dan masuk ke dalam gedung maka anda pertama kali akan berhenti di meja pendaftaran untuk menuliskan data diri yang tercantum di Ktp atau identitas diri lainnya. Anda akan diberikan kartu pasien atau kartu berobat yang nantinya dibawa pulang setelah meninggalkan klinik. Kartu ini juga harus dibawa saat anda kembali ke klinik untuk melakukan kontrol ulang.

Di dalam kartu tersebut tercantum data diri anda dan di balik kartu tersebut nama dokter, alamat klinik aborsi jakarta dan nomor telepon klinik raden saleh yang sewaktu waktu anda butuhkan untuk menghubungi klinik. Disini akan dilakukan pembayaran 250 ribu rupiah.

 

3.Pemeriksaan & Konseling

Setelah selesai mendaftar anda akan diarahkan ke ruangan pemeriksaan. Di ruangan ini dokter akan:

-Memeriksa kehamilan atau kondisi rahim:

Menentukan umur kehamilan berapa mingggu atau berapa bulan dengan menggunakan Usg dan meneyesuaikan dengan hari pertama haid terakhir (hpht) anda. Menanyakan apakah sudah mencoba obat aborsi atau pil aborsi untuk menggugurkan janin. Memeriksa apakah ada pendarahan atau infeksi.

-Memeriksa kondisi umum:

Memeriksa tekanan darah, haemoglobin (hb). Memeriksa dan menanyakan apakah anda sedang mengidap penyakit lain. Apakah ada riwayat operasi caesar atau kista. Karena semua kondisi umum sangat penting diperiksa dalam melakukan aborsi untuk memastikan apakah aborsi bisa dilakukan atau tidak.

-Menjelaskan proses aborsi:

Menjelaskan tentang pelaksanaan aborsi dilakukan bukan dengan pil aborsi tapi dengan vakum aspirasi yaitu sebuah alat hisap yang dimasukkan ke rahim melalui vagina. Alat ini sangat efektif dan praktis dengan tingkat keberhasilan 100%. Sebelum aborsi akan diberikan suntikan anestesi atau pembiusan.

-Menjelaskan kemungkinan yang akan terjadi:

Secara teknis dokter di klinik aborsi jakarta sangat berpengalaman untuk melakukan aborsi. Dan akan bisa menangani komplikasi sekunder setelah aborsi. Misalnya jika terjadi pendarahan yang berlebihan tidak perlu panik. Dokter sudah punya teknik sendiri untuk mengatasinya segera. Hal ini bisa terjadi bila pasien sebelumnya sudah mencoba obat obat aborsi. Atau hal lain seperti rasa takut karena terbawa perasaan akan hal hal negatif.

-Menanyakan apa sudah bersedia dan siap untuk aborsi:

Setelah dokter menjelaskan semuanya tentang proses aborsi dan kemungkinan yang akan terjadi lalu akan ditanyakan apakah pasien sudah siap dengan keputusan untuk aborsi atau masih dalam pertimbangan. Posisi dokter disini hanyalah membantu anda untuk proses aborsi tapi anda sendirilah yang memutuskan.

-Menentukan biaya aborsi:

Jika sudah dinyatakan bisa di aborsi dan pasien menyatakan sudah siap untuk aborsi maka dokter akan memberikan berapa kisaran harga kuret atau biaya aborsi yang pastinya sangatlah terjangkau. Jika anda sudah bersedia dengan harga yang ditawarkan maka anda langsung melakukan pembayaran untuk selanjutnya dibawa ke ruangan tindakan. Untuk itulah pentingnya agar anda terlebih dahulu menelepon klinik raden saleh sebelum datang ke klinik untuk mengetahui berapa kisaran harga aborsi.

 

4.Proses Aborsi

Sesudah diperiksa dan pembayaran telah lunas maka perawat akan membawa anda ke ruangan tindakan. Sebelum dilakukan aborsi maka perawat akanĀ  memberikan suntikan anestesi/bius lokal ataupun bius total. Lalu setelah itu dokter akan memulai proses aborsi dengan cara penyedotan melalui suction (vakum aspirasi). Teknik ini benar benar teknik aborsi yang paling aman dan sangat praktis dan efektif karena tidak menyebabkan pendarahan dan tidak ada robekan di mulut rahim atau dalam vagina. Dan waktu tindakan aborsi yang dibutuhkan juga sangat singkat yaitu kurang lebih 15menit.

 

5.Pemulihan

Seteleh selesai tindakan kuret aborsi maka pasien dipindahkan ke ruang istirahat untuk pemulihan. Di ruangan ini akan kami adakan observasi dan memberikan obat penghilang rasa sakit pasca aborsi. Sambil menunggu kondisi pasien pulih dan stabil maka perawat atau dokter akan menjelaskan semua informasi tentang apa yang perlu dilakukan setelah kembali ke rumah. Yaitu berapa lama waktu istirahat dan makanan/minuman apa yang perlu dihindari dan makanan yang penting untuk dikonsumsi untuk mempercepat pemulihan. Untuk aborsi dengan kehamilan kecil biasanya bisa langsung beraktifitas seperti biasa. Tapi jika aborsi dengan kehamilan besar maka akan perlu waktu beristirahat beberapa hari. Di ruangan ini beristirahat selama 15-30 menit. Jika kondisi pasien sudah baik maka sudah bisa diperbolehkan pulang.

 

Diposting oleh: Klinik Aborsi Jakarta