Vakum Aspirasi (Vacuum Aspiration)

Proses Vakum Aspirasi

 

Vakum aspirasi adalah alat yang berfungsi untuk menghisap isi rahim. Ujung alat ini terdiri dari canula (sedotan yang terbuat dari plastik) yang dimasukkan ke dalam rahim melalui servix (leher rahim). Setelah alat ini masuk ke dalam rahim maka isi rahim akan disedot sampai bersih. Selama proses ini berlangsung dokter harus bisa merasakan ujung canula telah menyentuh dinding rahim dan tidak boleh mendorong kanula terlalu keras agar tidak terjadi perforasi rahim (robek atau tembus).

Ada dua jenis proses vakum aspirasi yaitu manual dan elektrik. Vakum aspirasi manual dilakukan dengan cara menyedot isi rahim dengan menggunakan alat suntik yang besar. Jadi seperti jarum suntik menyedot jaringan dari dalam rahim.

Vakum aspirasi elektrik dilakukan dengan cara menyedot isi rahim dengan pompa vakum. Ujung kanula disambungkan dengan selang karet/plastik dan ujung yang satunya lagi tersambung ke pompa vakum. Isi rahim akan tersedot dan masuk ke dalam botol.

 

vakum aspirasi manual

 

 

vakum aspirasi elektrik

 

Proses aborsi dengan vakum aspirasi tidak membutuhkan operasi atau tidak ada sayatan pisau bedah dan tidak ada yang perlu dijahit. Inilah yang membuat proses aborsi ini sangat aman untuk dilakukan dan tingkat keberhasilan proses ini hampir 100%.

Proses aborsi vakum aspirasi juga tergolong sangat cepat dengan waktu sekitar 15 menit saja. Hanya yang perlu diperhatikan dalam proses ini adalah ketelitian dan pengalaman dokter kandungan yang melakukannya agar terhindar dari komplikasi.

Apabila dilakukan oleh orang lain selain dokter maka sering terjadi komplikasi seperti kehilangan darah yang banyak, perlekatan sisa isi rahim akibat tidak bersih, terjadi infeksi dan perforasi (kebocoran rahim). Untuk itu janganlah sekali kali dilakukan diluar standar medis yang berlaku.

 

Prosedur Aborsi Dengan Vakum Aspirasi

Prosedur aborsi vakum aspirasi baik manual maupun elektrik hampir sama yaitu:

-Melakukan USG

-Membuka vagina dengan spekulum

-Membaluri leher rahim dengan antiseptik

-Memberikan suntikan anestesi (pembiusan) ke leher rahim

-Membuka mulut rahim dengan busi hegar, kadang kadang dibantu dengan memberikan obat ke mulut rahim

-Memasukkan canula melalui mulut rahim

-Menyedot isi rahim sampai bersih

-Memberikan anti perdarahan dan analgetik

-Melakukan USG ulang

– Pemulihan

 

Biasanya proses aborsi dengan vakum aspirasi hanya bisa dilakukan dengan kehamilan trimester pertama (sampai 12 minggu). Untuk kehamilan diatas 12 minggu dilakukan dengan cara dilatasi & evakuasi (DE). Proses aborsi DE membutuhkan waktu lebih lama daripada vakum aspirasi karena membutuhkan komponen lain selain alat vakum. Kadang kadang membutuhkan laminaria untuk melebarkan mulut rahim. Dalam proses DE biasanya membutuhkan waktu 2-6jam.

Proses aborsi yang paling aman adalah dengan metode vakum aspirasi tapi masih banyak juga yang menggunakan pil aborsi untuk menggugurkan kandungan. Padahal hampir semua yang pernah mencoba metode pil aborsi pasti akhirnya mengalami kebingungan.

Karena mereka tidak akan pernah tahu apakah proses aborsinya berhasil atau tidak. Ada yang mengalami pendarahan berhari hari, ada yang janinnya masih utuh dan ada pula yang hanya mengeluarkan flek darah. Sementara untuk mengetahui apakah isi rahim sudah bersih atau tidak hanya bisa dipastikan dengan pemeriksaan USG.

Artinya setiap wanita yang melakukan aborsi dengan pil atau dengan jamu penggugur kandungan harus dipastikan dengan USG. Karena apabila isi rahim tidak bersih atau terjadi perlekatan dalam rahim maka akan terjadi komplikasi seperti kehabisan darah karena pendarahan, infeksi, kista dan lain sebagainya.

 

Kesimpulan

Jika sudah memutuskan untuk aborsi maka lebih baik langsung saja datang ke klinik aborsi daripada anda mencoba aborsi dengan metode yang lain. Karena aborsi dengan metode apapun pasti nantinya harus diperiksa oleh dokter melalui USG untuk memastikan keberhasilan proses aborsi tersebut.

Klinik aborsi jakarta adalah tempat aborsi di jakarta yang bisa anda kunjungi setiap hari pada jam kerja. Namun ada baiknya terlebih dahulu menghubungi kami melalui telepon untuk konsultasi dan membuat janji.

 

Diposting oleh: Klinik Aborsi Jakarta

 

082299111000

085799111000